1.1 NAMA SITUS WEB
JUALE.COM
1.2 TUJUAN
Tujuan dibuatnya situs web Juale.com ini adalah
sebagai solusi bagi mereka yang ingin membangun usaha melalui internet namun
selama ini kesulitan menggunakan teknologi yang ada. Juale dibangun melalui
riset mendalam oleh orang-orang di Virtual Consulting dengan melihat perilaku
transaksi e-commerce di Indonesia.
1.3 FUNGSI
Fungsi dari Juale.com adalah untuk memfasilitasi bagi pengguna yang
ingin berbisnis secara online.
1.4 SASARAN
Sasaran dari situs web ecommerce juale ini adalah semua orang yang
membutuhkah media teknologi berbinis online dan bagi orang yang belum pernah
mengetahui tentang berbisnis secara online.
1.5 ISI
Fitur – fitur yang terdapat pada Juale.com adalah sebagai berikut
·
Refister
Fitur ini berfungsi untuk penyedia form bagi pengguna yang ingin menjadi
member dari juale, dan bergabung dengan juale.
·
Login
Fitur ini berfungsi untuk proses login bagi para member yang sudah
melakukan register. Proses Login tersebut berfungsi sebagai langkah awal untuk
mencapai proses transaksi.
·
Kategori
Produk
Fitur
ini berfungsi untuk menampilkan kategori yang dijual antara lain adalah sebagai
berikut:
o Pakaian
o Otomotif
o Buku
o Komputer
o Furnitur
o Musik
·
Perusahaan
Juale
Fitur ini berfungsi untuk menampilkan segala sesuatu tentang juale.com
bagi pengguna yang ingin mengetahuinya, selain itu dalam fitur ini juga
terdapat nomer telepon atau email yang bisa dihubungi oleh pengguna.
·
Belanja
Fitur ini berfungsi untuk menampilkan daftar toko, diskon terbaru dari
masing – masing kategori barang yang dijual. Selain itu dalam fitur ini juga
tersedia bantuan bagi para pengguna yang mengalami kesulitan dalam
mengoprasikan juale dan lain sebagainya.
·
Layanan
Pelanggan
Dalam fitur ini para penggguna bisa mengirimkan pertanyaan kepada juale
terkait dengan kendala dalam melakukan transaksi dan lain sebagainya. Selain
itu dalam fitur ini juga terdapat aturan pengembalian barang.
·
Tutorial
Online
Fitur ini berfungsi untuk menampilan tutorial bagi pengguna agar dapat
mempermudah pengguna dalam mengoprasikan atau menjalankan transaksi di juale.
·
Bikin
Toko Online
Dalam fitur ini terdapat form yang digunakan pengguna untuk membuat toko
onlinenya sendiri.
1.6 CANGKUPAN
Cangkupan dari Juale.com adalah sangat luas karena bisa diakses oleh
siapa saja, dimana saja dan kapan saja.
1.7 KELEBIHAN
a.
Bangun Toko Sendiri dengan Domain Sendiri
Pengguna
dapat membuat domain sendiri untuk membangun brand toko. Itulah yang disediakan
oleh juale.com, sebuah domain sendiri www.toko-pengguna.com. Dengan
adanya brand sendiri, maka pengguna tidak perlu malu mengatakan bahwa pengguna
tersebut telah mempunyai bisnis sendiri di online.
b.
Solusi E-Commerce Satu Pintu
Dengan
menggunakan JUALE, pengguna tidak perlu susah membeli domain di tempat
terpisah, menyiapkan aplikasi, desain web, menaruh barang di etalase
marketplace dan kesulitan lainnya. Dengan menggunakan JUALE, pengguna cukup
mengikuti langkah sederhana yang akan mengantarkan pengguna mempunyai online
store sendiri.
c.
Tak Ada Rekening Penampungan Sementara
JUALE
menyadari Pengguna seringkali kesulitan cash flow dalam menjalankan usaha. Oleh
sebab itu, juale tidak akan menambah kesulitan pengguna. Sebagai Merchant JUALE,
pengguna bisa langsung bertransaksi dengan pembeli.
d.
Biaya Setup Yang Relatif Murah
Untuk
mempunyai toko online sendiri pengguna tidak perlu membayar mahal untuk
dibuatkan situs e-commerce, membeli domain dan hosting, serta menyiapkan
anggaran untuk maintenance infrastruktur. Kini, JUALE bisa menyediakaan untuk
pengguna dengan system sewa yang relatif murah, mulai dari Rp 1.000.000 untuk
satu tahun, dan yang pengguna dapatkan adalah Domain name (.com .net atau
.org), Space hosting dengan kapasitas yang luas, Koneksi infrastruktur yang
cepat dan memadai.
e.
Dapat Kesempatan Belajar
Jika
pengguna ingin sukses berbisnis di online, yang pengguna butuhkan bukan sebatas
aplikasi, tapi juga bimbingan. Itulah yang JUALE sediakan khusus untuk
pengguna. Para pakar di Virtual Consulting telah menyiapkan satu paket
pelatihan bagi Merchant JUALE serta bimbingan business coaching eksklusif bagi
mereka yang sungguh-sungguh.
f.
Otomatis Tergabung ke Marketplace
Selayaknya
etalase dari toko, marketplace www.juale.com merupakan tempat yang tepat bagi
pengguna untuk mempromosikan barang. Tapi, bukan hanya itu, dengan JUALE,
setiap barang yang pengguna masukkan ke toko akan langsung ditampilkan di
www.juale.com .
g.
Pilihan Transaksi yang Memudahkan
JUALE
menyadari bahwa transaksi merupakan nyawa dari perdagangan baik offline maupun
online. Maka dari itu, JUALE ingin memastikan bahwa alternatif transaksi tidak
menjadi batasan pengguna dalam melakukan transaksi. JUALE telah menyiapkan
segala kemungkinan transaksi yang terjadi baik berupa transfer bank maupun cash
on delivery.
h.
User Friendly
Melalui
riset mendalam, tim dari JUALE telah membangun back-end system yang sangat
memahami diri pengguna. Pengguna tidak perlu terkejut ketika mengetahui bahwa
mengoperasikan aplikasi JUALE serasa menggunakan aplikasi yang sudah pengguna
gunakan selama bertahun-tahun.
i.
Tampilan Layout yang Menarik dan Mudah
Diganti
Bagi
para Merchant JUALE yang ingin berganti suasana toko, JUALE memberikan
kemudahan yang luar biasa. Setiap pemilik toko online kini tidak perlu lagi
menghabiskan sumber daya tambahan untuk mengubah tampilan situs, karena
berganti tampilan situs di JUALE kini semudah mengubah latar belakang desktop
pengguna.
j.
Sesuai dengan Perilaku Orang Indonesia
Aplikasi
maupun marketplace yang mendukung e-commerce telah banyak tersedia di pasaran,
masing-masing tentunya punya keunggulan dan kelemahan. Orang-orang di JUALE dan
Virtual Consulting telah berkolaborasi bukan sekedar membuat system e-commerce
terbaik dan paling unggul diantara yang lain namun menciptakan system
e-commerce yang sesuai untuk pengguna, orang Indonesia.
2.1 NAMA SITUS WEB
Bukalapak.com
2.2 TUJUAN
Sama seperti pasar tradisional, Bukalapak.com
menjadi tempat dimana semua orang bisa menjual barangnya dan membuka lapak disini
dengan mudah. Karena Bukalapak percaya, dengan mekanisme pasar online, penjual
dan pembeli mendapatkan keuntungan maksimal. Penjual bisa memperbesar pasar dan
menaikkan bargaining terhadap calon pembeli lain, sementara pembeli bisa
mendapatkan banyak pilihan barang. Lewat mekanisme inilah tercipta pasar yang
akan menentukan harga.
2.3 FUNGSI
Bukalapak memberikan kesempatan pada semua
orang ingin menjual barang di Bukalapak, dimana “penjual bisa memperbesar pasar
dan menaikkan bargaining terhadap calon pembeli lain, sementara
pembeli bisa mendapatkan banyak pilihan barang. Lewat mekanisme inilah tercipta
pasar yang akan menentukan harga”.
2.4 SASARAN
Sasaran dari bukalapak.com adalah semua orang
ingin menjual barang di Bukalapak.
2.5 ISI
Fitur
– fitur yang terdapat pada Juale.com adalah sebagai berikut
·
Register
Pengguna menjadi anggota Bukalapak, maka Pengguna bisa menggunakan fitur
kontak yang tersedia di Bukalapak, untuk mendaftar Pengguna bisa mengisi form
yang tersedia atau dengan menggunakan Facebook Connect. Dengan menjadi
anggota, Pengguna bisa mengirim pesan langsung ke penjual atau menulis
rekomendasi. Di Bukalapak juga tersedia fasilitas sosial, seperi button
untuk membagikan halaman tertentu ke Facebook atau Twitter.
·
Kategori
·
Hot
Topic
·
Bantuan
Admin
·
BL
Guide
·
Buyer
Guide
·
Seller
Guide
·
Connect
2.6 CANGKUPAN
Cangkupan
dari BukaLapak.com adalah sangat luas karena bisa diakses oleh siapa saja,
dimana saja dan kapan saja.
2.7 KELEBIHAN
v Trust.
Bukalapak menyadari, cukup sulit memang mencegah terjadinya penipuan dalam jual beli online. Bukalapak terus berupaya menciptakan trust antar penjual dan pembeli. Bukalapak mengedukasi penjual dan pembeli tentang pola-pola penipuan yang dilakukan lewat online. Bukalapak juga menyediakan customer care yang bisa di hubungi di (021) 7695075. Lewat line inilah pengguna bisa menyampaikan keluhan ataupun masalah pengguna. Selain line telepon, Bukalapak juga menyediakan feature feedback di http://www.bukalapak.com/feedbacks. Lewat fitur ini jugalah Bukalapak menangani masalah dan keluhan pengguna satu per satu ataupun menghadapi kemungkinan kesalahan pada Bukalapak.com yang segera kita tangani.
Bukalapak menyadari, cukup sulit memang mencegah terjadinya penipuan dalam jual beli online. Bukalapak terus berupaya menciptakan trust antar penjual dan pembeli. Bukalapak mengedukasi penjual dan pembeli tentang pola-pola penipuan yang dilakukan lewat online. Bukalapak juga menyediakan customer care yang bisa di hubungi di (021) 7695075. Lewat line inilah pengguna bisa menyampaikan keluhan ataupun masalah pengguna. Selain line telepon, Bukalapak juga menyediakan feature feedback di http://www.bukalapak.com/feedbacks. Lewat fitur ini jugalah Bukalapak menangani masalah dan keluhan pengguna satu per satu ataupun menghadapi kemungkinan kesalahan pada Bukalapak.com yang segera kita tangani.
v Platform.
Bukalapak.com bukanlah forum, melainkan platform jual beli online. Di atas platform inilah Bukalapak akan terus membangun aplikasi-aplikasi yang mungkin bermanfaat bagi komunitas Bukalapak.com. Sampaikan keinginan dan kebutuhan pengguna lewat line telepon yang sudah disebutkan di atas atau melalui fitur feedback. Tim Bukalapak akan mengolah masukan pengguna untuk kemudian kita realisasikan apabila memang dibutuhkan dan memberikan nilai tambah bagi semua penghuni Bukalapak.com
http://www.bukalapak.com/products/kursi-pijat
Bukalapak.com bukanlah forum, melainkan platform jual beli online. Di atas platform inilah Bukalapak akan terus membangun aplikasi-aplikasi yang mungkin bermanfaat bagi komunitas Bukalapak.com. Sampaikan keinginan dan kebutuhan pengguna lewat line telepon yang sudah disebutkan di atas atau melalui fitur feedback. Tim Bukalapak akan mengolah masukan pengguna untuk kemudian kita realisasikan apabila memang dibutuhkan dan memberikan nilai tambah bagi semua penghuni Bukalapak.com
http://www.bukalapak.com/products/kursi-pijat
v Lengkap,
Nyaman dan Berkualitas.
Karena
Bukalapak.com adalah pasar, disini pada dasarnya semua orang bisa menjual
barang apa saja, tidak untuk selain barang. Bukalapak tidak melayani penjualan
jasa ataupun penawaran bisnis. Bukalapak memiliki tim yang terus melakukan
pendekatan ke komunitas penjual/pembeli untuk memastikan penjual dan pembeli
bertemu lewat mekanisme pasar di Bukalapak.com. Bukalapak juga memiliki tim
untuk terus menjaga kualitas barang. Mereka memonitor barang satu persatu untuk
memastikan tidak ada indikasi bentuk penipuan ataupun informasi yang invalid
terhadap barang. Ini memberikan kenyamanan bagi pengunjung Bukalapak.com.
v Bukalapak
tidak mengenakan biaya sepeserpun untuk layanan Bukalapak.com.
v Kebijakan
Privasi
BukaLapak
berhak mengatur dan melindungi segala informasi yang diberikan pengguna pada
saat melakukan pendaftaran, mengakses dan menggunakan segala layanan dalam
situs ini. BukaLapak berhak mengatur dan melindungi informasi mengenai hak
cipta seperti: bentuk, elemen, kreasi, ide, tampilan dan materi yang
diakses/diunduh melalui alamat situs ini. Informasi yang dikumpulkan oleh
BukaLapak hanya akan digunakan untuk kepentingan komunikasi dengan pengguna.
v BukaLapak
tidak akan memberikan data pengguna ke pihak ketiga tanpa adanya persetujuan
dari pengguna. Pengguna yang terdaftar akan menerima informasi tambahan dari
mengenai barang, layanan, penawaran, dan newsletter dari BukaLapak. Jika
terdapat perubahan pada proses penggunaan dan pengumpulan informasi, BukaLapak
akan memberikan pemberitahuan lewat newsletter atau melalui pemberitahuan lewat
blog BukaLapak.
v BukaLapak
menjaga keakuratan informasi pengguna. Pengguna dapat mengakses informasi
pribadi mereka dan dapat mengubah profil mereka jika terdapat informasi yang
tidak akurat. Pengguna dapat menghapus data dari database situs ini atau
mengirimkan pesan kepada administrator untuk menon-aktifkan keanggotaaannya.
Jika terjadi permasalahan teknis pada sistem, pengguna dapat mengirimkan pesan
pada menu Support. BukaLapak berusaha untuk dapat melayani segala permasalahan
teknis yang dikeluhkan oleh Pengguna. Pengguna diminta untuk memberikan email
yang benar sebagai persyaratan sebelum mereka diperbolehkan untuk membuat
penawaran barang atau tulisan dalam situs ini. Dengan cara ini pengguna dapat
saling berkomunikasi melalui email maupun fasilitas pesan yang tersedia dalam
situs ini. Alamat email pengguna tidak dipublikasikan secara langsung pada
situs ini. Pengguna lain disarankan untuk mengirim pesan melalui fasilitas
pesan yang disediakan oleh situs ini. Pengguna dianjurkan untuk memberikan
penjelasan jika menginginkan untuk tidak dihubungi melalui email.
v Merek
Dagang BukaLapak
BukaLapak
berisi materi informasi / data yang sah dan didaftarkan sesuai ketentuan yang
berlaku, penyalahgunaan informasi / data yang telah terdaftar secara sah adalah
pelanggaran hukum dan dapat dituntut menurut ketentuan perundang-undangan yang
berlaku. Materi informasi / data dimaksud tidak terbatas pada desain, tampilan,
antar muka, dan grafis. Pihak lain dilarang oleh undang-undang untuk
menggunakan atau mengatas-namakan dengan nama dan / atau logo “BukaLapak” untuk
kepentingan pribadi dan kelompok tertentu tanpa kuasa yang diberikan khusus
untuk itu, dengan atau tanpa sepengetahuan BukaLapak. Pelanggaran terhadap hal
ini akan dikenai pasal pelanggaran hak cipta dan hak kekayaan intelektual.
Tindakan hukum akan dilakukan apabila ditemui inisiatif dan / atau tindakan
percobaan, sengaja atau tidak sengaja, untuk mengubah, mengakses halaman situs
BukaLapak yang dibuat bukan untuk konsumsi publik secara paksa, atau merusak
situs BukaLapak dan / atau perangkat server yang termuat di dalamnya, tanpa
izin khusus yang diberikan oleh pengelola resmi dan sah BukaLapak.
v Informasi
Umum
v BukaLapak
tidak memungut biaya pendaftaran. Semua pengguna terdaftar berhak memanfaatkan
layanan ”Jual Barang”, ataupun sekedar menjadi pembeli dan bersosialisasi tanpa
dipungut biaya apapun
v BukaLapak
memiliki kewenangan untuk menghentikan / mengakhiri layanan ”Jual Barang” yaitu
dengan menutup akun yang dianggap / dicurigai melanggar ketentuan yang berlaku
tanpa pemberitahuan atau informasi terlebih dahulu kepada pengguna
BukaLapak sebagai sarana penunjang bisnis berusaha menyediakan sejumlah fitur dan layanan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan para penggunanya
BukaLapak tidak bertanggung jawab atas kualitas barang, rusaknya reputasi pihak lain, atau segala bentuk perselisihan yang dapat terjadi antar pengguna situs
Selama berada dalam wilayah situs/web BukaLapak , pengguna dilarang keras menyampaikan setiap jenis konten apa pun yang mengandung / bersinggungan dengan unsur SARA, diskriminasi, atau menyudutkan pihak lain BukaLapak memiliki kewenangan absolut untuk memberikan sanksi dan / atau membekukan akun pengguna apabila ditemui sejumlah pelanggaran dan penyalahgunaan fasilitas, tanpa kewajiban untuk menyampaikan pemberitahuan terlebih dahulu kepada pengguna dimaksud
BukaLapak sebagai sarana penunjang bisnis berusaha menyediakan sejumlah fitur dan layanan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan para penggunanya
BukaLapak tidak bertanggung jawab atas kualitas barang, rusaknya reputasi pihak lain, atau segala bentuk perselisihan yang dapat terjadi antar pengguna situs
Selama berada dalam wilayah situs/web BukaLapak , pengguna dilarang keras menyampaikan setiap jenis konten apa pun yang mengandung / bersinggungan dengan unsur SARA, diskriminasi, atau menyudutkan pihak lain BukaLapak memiliki kewenangan absolut untuk memberikan sanksi dan / atau membekukan akun pengguna apabila ditemui sejumlah pelanggaran dan penyalahgunaan fasilitas, tanpa kewajiban untuk menyampaikan pemberitahuan terlebih dahulu kepada pengguna dimaksud
v BukaLapak
menyediakan fitur “Komentar” untuk memudahkan pembeli berinteraksi dengan
penjual, perihal barang / barang yang ditawarkan. Penjual tidak diperkenankan
menggunakan fitur tersebut untuk tujuan dengan cara apa pun menaikkan harga
barang dagangannya, termasuk di dalamnya memberi komentar pertama kali atau
memberi komentar selanjutnya / terus menerus secara berkala (flooding/spam)
BukaLapak memiliki kewenangan untuk mengambil tindakan yang dianggap perlu terhadap setiap pelanggaran yang dilakukan, mulai dari moderasi, hingga penutupan akun tergantung daripara tingkat pelanggaran yang berlangsung.
BukaLapak memiliki kewenangan untuk mengambil tindakan yang dianggap perlu terhadap setiap pelanggaran yang dilakukan, mulai dari moderasi, hingga penutupan akun tergantung daripara tingkat pelanggaran yang berlangsung.
v Pengaturan
Penggunaan Sistem
Pengguna
bertanggungjawab atas keamanan dari akun termasuk penggunaan email dan
password. Tiap pengguna hanya diperbolehkan memiliki satu akun aktif.
Penggunaan fasilitas apapun yang disediakan oleh BukaLapak mengindikasikan
bahwa pengguna telah memahami dan menyetujui segala aturan yang diberlakukan
oleh BukaLapak Pengguna tidak diperbolehkan untuk menggunakan situs ini untuk
melanggar Peraturan yang ditetapkan oleh hukum di Indonesia maupun di negara
lainnya. Pengguna bertanggung jawab atas segala informasi yang diberikan ke
dalam situs ini, BukaLapak tidak bertanggung jawab terhadap segala tulisan yang
dimasukkan oleh pengguna. Menghargai hak-hak pengguna lainnya. Tidak memberikan
informasi pribadi ke pihak lain tanpa ijin pihak yang bersangkutan. Dilarang
mengirimkan email spam dengan merujuk ke bagian apapun dari web ini. BukaLapak
memiliki hak untuk memblokir penggunaan sistem jika terdapat pengguna yang
melanggar Peraturan dan ketetapan yang berlaku.
v Peraturan
Menjual Barang
Barang
yang dijual harus ditempatkan ke dalam kategori yang sesuai. Administrator web
ini dapat menghapus atau menyesuaikan barang yang tidak ditempatkan pada
kategori yang sesuai. Tiap pengguna hanya diperbolehkan untuk menambahkan
barang yang sama dengan yang ada di halaman barang miliknya bila barang
tersebut telah dihapus/terhapus sebelumnya. Beberapa pengguna diperbolehkan
untuk mengiklankan barang yang sama dan mirip jika pada dasarnya barang
tersebut merujuk pada barang yang berbeda. Pengguna dilakukan melakukan
duplikasi penawaran barang dengan mengkopi tulisan dan gambar dari halaman
pengguna lain Tidak diperbolehkan adanya beberapa barang yang tidak berkaitan
yang ditempatkan pada sebuah halaman barang Pengguna diharapkan untuk mengubah
segala barang yang sudah tidak berlaku (contoh: barang sudah terjual) ke status
“Sudah Laku” Tiap pengguna BukaLapak bertanggung jawab atas segala informasi
yang dibuat apabila terjadi penyalahgunaan hak paten atau izin yang telah
ditetapkan hukum di Indonesia Pengguna dilarang untuk menuliskan informasi yang
salah/tidak sesuai mengenai barang yang ditawarkan misalnya dengan sengaja
melakukan kesalahan penulisan harga, deskripsi, kondisi, atau gambar
v Peraturan
Pemberian Feedback
Pengguna
baru diperbolehkan untuk memberikan feedback setelah melakukan
persetujuan/transaksi dengan pengguna lain. Feedback yang diberikan sebelum
melakukan suatu transaksi termasuk pelanggaran Peraturan yang berlaku. Feedback
yang diperbolehkan adalah feedback yang berhubungan dengan transaksi. Hanya 1
(satu) feedback yang diperbolehkan setelah melakukan suatu transaksi. Sebuah
transaksi yang melibatkan beberapa jenis barang dianggap sebagai 1(satu) kali transaksi.
v Peraturan
Pemberian Komentar
Menyediakan
fitur “Komentar” untuk memudahkan pembeli berinteraksi dengan penjual, perihal
barang / barang yang ditawarkan. Penjual tidak diperkenankan menggunakan fitur
tersebut untuk tujuan dengan cara apa pun menaikkan harga barang dagangannya,
termasuk di dalamnya memberi komentar pertama kali atau memberi komentar
selanjutnya / terus menerus secara berkala (flooding/spam). Pengguna tidak
diperkenankan menggunakan fitur “Komentar” untuk melakukan provokasi, sengaja
ataupu tidak disengaja, memberikan komentar berkaitan dengan atau yang
mengandung unsur SARA, promosi barang oleh penjual lain (cross-promo)
v Jenis
Barang yang Dilarang
Berikut
ini adalah daftar barang yang dilarang untuk diperdagangkan di BukaLapak
Pelanggaran terhadap hal ini akan dikenakan sanksi tegas, seperti pembatalan
posting, pemblokiran keanggotaan, kehilangan status keanggotaan, dan bilamana
perlu akan diselesaikan dengan cara hukum yang berlaku di Indonesia. Jenis
barang yang dilarang adalah:
v Segala
bentuk tulisan yang dapat berpengaruh negatif terhadap pemakaian situs ini
v Barang
tidak terdaftar, berbahaya, atau terlarang
v Narkotika,
obat-obat tidak terdaftar, atau terlarang
v Senjata
api, senjata tajam, dan segala macam senjata
v Dokumen
pemerintahan dan perjalanan
v Bagian/Organ
manusia
v Mailing
list dan informasi pribadi
v Barang-barang
yang melecehkan pihak/ras tertentu atau dapat menyinggung perasaan orang lain
v Barang
yang berhubungan dengan kepolisian
v Barang
curian
v Pembuka
kunci dan segala aksesori penunjang tindakan
v perampokan/pencurian
v Barang
yang dapat dan atau mudah meledak, menyala atau terbakar sendiri.
v Pornografi
atau barang asusila
v Barang
cetakan/rekaman yang isinya dapat mengganggu keamanan & ketertiban serta
stabilitas nasional
2.8 KEKURANGAN
v Loading yang dirasa berat
v Untuk menghapus barang kadang gagal
v Sedikit membingungkan karena tidak sesimple
tampilan lama
2.9 Cara memaksimalkan fitur – fitur yang
terdapat di bukalapak.com
a. Patuhi peraturan di Bukalapak.com.
Dengan begitu kesuksesan
jualan pengguna tak akan terganggu hanya karena pengguna melanggar aturan.
Karena bila melanggar, bisa jadi imbasnya adalah penghapusan ID pengguna di
bukalapak.com
b. Tingkatkan
kualitas pelayanan agar mendapat rekomendasi.
Semakin banyak rekomendasi
yang dimiliki penjual, maka pembeli akan semakin yakin untuk bertransaksi.
Selain itu rekomendasi menjadi tolak ukur kepercayaan buyer terhadap seller.
c. Memilih kategori yang tepat sesuai jenis
barang.
Banyak diantara user Bukalapak.com
yang komplain terhadap barang yang dijual tak sesuai dengan kategori produknya.
Alhasil, banyak yang minta BL tuk hapus barang tersebut. Karenanya, sesuaikan
pemilihan kategori barang dengan jenis barangnya.
d. Mengisi nama
barang secara lengkap.
Karena Bukalapak.com
memakai sistem pencarian sehingga bila kita tidak memasukkan nama barang secara
lengkap, bisa jadi barang jualan kita tak akan mungkin ditemukan oleh calon
pembeli
e. Menyertakan
harga barang secara benar.
Penjual diharuskan menyertakan
harga barang secara benar agar memudahkan pembeli dalam memilih barang yang
akan dibeli.
f. Buatkan
deskripsi barang yang menarik.
Di Bukalapak.com para
penjual bisa membuat deskripsi barang semenarik mungkin, contohnya menyertakan
gambar atau menebalkan suatu kalimat. Dan jangan lupa masukkan deskripsi barang
sesuai dengan kondisinya
g. Isi kontak dan alamat facebook yang lengkap.
Hal ini agar mendapat
kepercayaan dari calon pembeli.
h. Upload gambar
produk yang jelas dari berbagai sisi.
Semakin jelas calon pembeli
melihat barang yang akan dibelinya, maka semakin besar pula kemungkinan barang
tersebut dibeli. Makin jelas makin yakin.
i.
Bingung cara berjualan? cek kotak sebelah kiri saat bikin lapak.
Saat anda membuat lapak
baru, ada kotak sebelah kiri yang menampilkan tips cara berjualan di
Bukalapak.com Itu semata-mata dibuat untuk memudahkan anda yang bingung.
j.
Promosikan lapakmu di Twitter & Facebook.
Sudah pernah dengar tentang
Twitter Button dan Facebook Button? Itu berguna untuk promosikan lapak anda di
Twitter & Facebook. Semakin sering dipromosikan, semakin cepat barang anda
terjual.
k.
Maaf, bukalapak tidak terbiasa di sundul.
Khawatir lapak anda
tenggelam? tenang, di Bukalapak semua penjual dapat kesempatan yang sama walau
lapaknya ada di halaman paling belakang. Asalkan, andamengikuti tips-tips
disini.
l. Cek email dan lapak anda
secara berkala.
Semua
penberitahuan aka nada di e mail anda, maka dari itu bukalah e mail anda sekara
berkala.
3.1 NAMA SITUS WEB
GLODOKSHOP.COM
3.2 TUJUAN
Menyediakan
para pengguna yang menikmati akses berbelanja online, maka glodokshop.com yang
termasuk e-commerce di Indonesia ini menawarkan jual beli barang-barang
elektronik. Glodokshop.com ini sudah berdiri selam 12 tahun, semenjak 1 Januari
2000 di bawah naungan PT.GS Niaga Internusa. Moto dari glodokshop.com sendiri
adalah “Mudahnya blanja murah”
3.3 FUNGSI
Fungsi
dari GlodokShop.com adalah untuk memfasilitasi bagi pengguna yang ingin
berbisnis secara online.
3.4 SASARAN
Sasaran dari situs web ecommerce GlodokShop.com
ini adalah semua orang yang membutuhkah
media teknologi berbinis online dan bagi orang yang belum pernah mengetahui
tentang berbisnis secara online.
3.5 ISI
Fitur
– fitur yang terdapat pada Glodokshop.com adalah
sebagai berikut
·
Shop by Categories
·
Shop by Theme
·
Pre sales
·
After Sales
·
B2B
Untuk
Shop by Categoriesnya sendiri glodokshop.com menyediakan :
·
Automotive
·
Audio Vidio
·
Televisions
·
Camera and camcorder
·
Music and Toy
·
Telephone
·
Computer
·
Outdor ativites
·
Home Appliances
·
Tools and Equipment
3.6 CANGKUPAN
Cangkupan
dari GlodokShop.com adalah sangat luas karena bisa diakses oleh siapa saja,
dimana saja dan kapan saja.
3.7 KELEBIHAN
Kelebihan dari glodokshop.com ini sendiri adalah
lengkapnya informasi yang disediakan oleh situs tersebut, sehingga para penjual
dan pembeli dapat dengan mudah memilih barang yang dikehendaki. Selain itu,
dalam tampilan kontenya terdapat pencarian komprehensif dan pencarian Merk
dan Type untuk mempermudah pembeli
Kelebihan
Glodokshop yang lainnya adalah menerima pembelian secara kredit,yaitu dengan
memberikan jumlah angka unik dimana setiap pemohon memiliki angka yang
berbeda.Misalnya dari Rp 50.000,- menjadi Rp 49.989,-. Terlepas dari prihal
diatas, Berikut adalah pengujian kecepatan akses website ini menggunakan loadimpact.com.
Berdasarkan grafik
diatas dapat diamati bahwa dalam pengaksesan oleh 10 orang user yang mengakses
www.glodokshop.com secara bersamaan diperlukan waktu 4,6 detik kemudian dengan
20 user yang mengakses maka diperlukan waktu 5,01 detik
Jadi dapat disimpulkan
dari data diatas bahwa waktu pengaksesan www glodokshop.com cukup cepat, dapat
dikategorikan bahwa kecepatan aksesnya adalah baik.
3.8 KEKURANGAN
Kekurangan dari situs e-commerce ini
adalah tampilan homenya kurang tertata rapi. Sehingga pengunjung glodokshop.com
menurut saya akan bingung kaena terlalu banyak iklan dan gambar tanpa ada ruang
space.
1 komentar:
Pengakuan tulus dari: FATIMAH TKI, kerja di Singapura
Saya mau mengucapkan terimakasih yg tidak terhingga
Serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya
kepada KY FATULLOH saya sudah kerja sebagai TKI
selama 5 tahun Disingapura dengan gaji Rp 3.5jt/bln
Tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari
Apalagi setiap bulan Harus mengirimi Ortu di indon
Saya mengetahui situs KY FATULLOH sebenarnya sdh lama
dan jg nama besar Beliau
tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu yakin
dengan hal gaib. Karna terdesak masalah ekonomi
apalagi di negri orang akhirnya saya coba tlp beliau
Saya bilang saya terlantar disingapur
tidak ada ongkos pulang.
dan KY FATULLOH menjelaskan persaratanya.
setelah saya kirim biaya ritualnya.
beliau menyuruh saya untuk menunggu
sekitar 3jam. dan pas waktu yg di janjikan beliau menghubungi
dan memberikan no.togel "8924"mulanya saya ragu2
apa mungkin angka ini akan jp. tapi hanya inilah jlnnya.
dengan penuh pengharapan saya BET 200 lembar
gaji bulan ini. dan saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan
angka yg diberikan 8924 ternyata benar2 Jackpot….!!!
dapat BLT 500jt, sekali lagi terima kasih banyak KY
sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang
Buat KY,saya tidak akan lupa bantuan & budi baik KY.
Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
Buat Saudaraku yg mau mendapat modal dengan cepat
~~~Hub;~~~
Call: 0823 5329 5783
WhatsApp: +6282353295783
Yang Punya Room Trimakasih
----------
Posting Komentar